Senin, 21 Oktober 2013

HAK MENGAJAR SEORANG GURU

Chotib (dalam bukunya “Gurunya Manusia”) menyatakan bahwa hak mengajar itu sebenarnya ada pada siswa. Maksudnya adalah guru harus merebut hak mengajar dari siswa. Banyak guru yang tidak disukai siswa karena alasan tertentu; galak, jutek dan lain sebagainya. Intinya siswa belum memberikan hak mengajar kepada guru, dan guru tidak mau merebut hak mengajar dari siswa.
Siswa yang belum memberikan hak mengajarnya kepada siswa pada dasarnya tidak akan menerima materi apapun yang diberikan guru. Jadi, guru hanya menjalankan SK mengajar, tapi hak mengajar masih ada pada siswa. Inilah yang salah!
Guru harus merebut hal mengajar dari siswa dengan cara yang etis, santun, dan menarik. Jika dalam suatu kelas terjadi suasana yang tidak nyaman, maka nyamankanlah kelas itu. Kata merebut bisa diterjemahkan sebagai upaya guru untuk mendapatkan hati siswanya, bisa dengan permainan, kuis, cerita, atau tingkah laku guru.

Nah, jika siswa sudah memberikan haknya untuk guru, apapun yang disampaikan oleh guru, siswa akan mendengarkan dengan seksama. Dengan seperti ini guru tak akan kesulitan menjalankan skenario pembelajaran yang telah disusun.
Jadi, rebutlah hak mengajarmu! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Cerpen (1) puisi (5)